Senin, 18 Maret 2013

DRAMA UNTUK 4 ORANG BAHASA INGGRIS DAN TERJEMAHANNNYA OLEH EKO RAHMANTO


BAHASA INDONESIA ( sudah diterjemahkan )
Naskah Drama 4 Orang 

Drama merupakan salah satu bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia. Mulai dari kelas dasar (sekitar kelas 4 SD) hingga SLTA pasti terdapat materi drama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain untuk melatih kecakapan siswa dalam mengekspresikan diri juga bisa menumbuhkan jiwa seni dalam diri siswa.
Berikut ini adalah Contoh Naskah Drama 4 Orang orang:
JUDUL: NILAI DARI SEBUAH KEJUJURAN
PEMAIN:
Guru                          :          SELITONGA
Murid 1                      :          AGUSTINUS SANTO
Murid 2, ketua kelas :         FAHMI MONCOS
Murid 3                     :          MARTIUS ANTON
Dalam suasana belajar mengajar di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak serta mengumpulkan tugas.
Guru: Anak – anak, silakan dikumpulkan tugas karya tulis minggu kemarin.
——
Murid 1: karya tulis dikumpulkan berdasarkan tema atau berdasarkan kelompok saja Bu?
——
Guru: berdasarkan kelompok saja..ayo ketua kelas dikumpulkan tugas karya tulis teman – temannya
(kemudian ketua kelas berjalan keliling mengumpulkan tugas karya tulis teman-temannya)
——
Guru: Karena ini merupakan tugas perorangan yang dikerjakan secara berkelompok, maka penilian akan dilakukan berdasarkan isi dari karya tulis dan keragan tema serta isi tulisan dalam satu kelompok.
——
Guru: Ayo kalau sudah selesai mengumpulkan tugas, masukkan tas dan buku kalian semua. Ibu akan mengadakan ulangan mendadak.
——
Murid 3: Hah, ulangan apa lagi bu? baru saja 2 hari yang lalu diadakan ulangan
——
Guru: ketua kelas, tolong dibagikan kertas folio ini ke semua siswa.
——
Murid 2: baik bu (sambil berjalan membagikan kertas folio. Suasana ruang kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa mengeluh tentang diadakannya ulangan mendadak ini)
——
Guru: pada ulangan kali ini, Ibu ingin kalian menulis ulang tentang inti dari karya tulis yang kalian buat. Tulis garis besarnya saja beserta pokok – pokok kesimpulannya. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan ulangan ini adalah 20 menit yang dimulai dari sekarang
(kemudian siswa hening dan sibuk mengerjakan ulangan. Sedangkan bu guru sibuk memeriksa tugas karya tulis yang tadi dikumpulkan. Ibu guru menemukan keanehan pada tugas karya tulis milik murid 1 dimana isinya sama persis dengan karya tulis milik murid 3. Setelah 20 menit berlalu, kemudian kertas ulangan dikumpulkan)
——
Guru: baiklah silakan kalian istirahat. Tolong murid 1 dan murid 3 tetap disini, Ibu mau bicara
(semua siswa keluar ruang kelas kecuali murid 1 dan murid 3)
——
Guru: Ibu minta kalian berdua jujur kepada Ibu. Kenapa isi tugas karya tulis kalian bisa sama persis, bahkan untuk titik dan komanya sekalipun.
——
Murid 1: saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu
——
Murid 3: saya juga mengerjakan karya tulis saya sendiri
——
Guru: Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? bisa menjelaskan ke ibu?
(lama murid 1 dan murid 3 terdiam)
——
Guru: baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi
——
Murid 3: maaf bu. Kalau saya jujur, apakah kalau saya berkata jujur maka ibu akan memaafkan saya?
——
Guru: Ibu lebih menghargai sebuah kejujuran daripada harus melihat anak didik ibu melakukan hal yang tidak jujur.
——
Murid 3: saya mendapatkan materi untuk tugas karya tulis dari internet bu. Saya langsung copy paste dan tidak saya baca lagi. Itulah mengapa ulangan tadi tidak sama dengan isi karya tulis saya
——
Guru: baiklah, alasan bisa ibu terima
——
Guru: trus kamu murid 1, ada yang bisa dijelaskan ke ibu?
——
Murid 1: saya minta tolong adik saya mengerjakan tugas karya tulis itu bu. Dan kelihatannya dia mencari sumber dari internet. Maaf bu. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi
——
Guru: Baiklah kalau begitu. Tugas karya tulis dan ulangan kalian ibu kembalikan. kalian harus membuat karya tulis lagi dan dikumpulkan dalam 3 hari. Setelah itu, kalian harus mengikuti ulangan susulan yang materinya masih akan ibu pikirkan.
——
Murid 1 dan Murid 3: baik bu
——

 BAHASA INGGRIS

Drama Script 4 People - Drama is one part of the Indonesian Language. Starting from a base class (about 4th grade) to high school drama material must be contained in the Indonesian Language. In addition to training students' skill in expressing themselves can also nurture the soul of art in students.
Here is a Sample Script Drama 4 People:
TITLE: THE VALUE OF AN HONESTY
PLAYERS:
Teacher                                                :           SELITONGA
Pupil 1                                                 :           AGUSTINUS SANTO
Disciples 2, the head of the class        :           FAHMI MONCOS   
Disciples 3                                           :           MARTIUS ANTON
In an atmosphere of learning and teaching in the classroom and doing a pop quiz and collecting duties.
Teacher: Children - children, please duties collected papers last week.
-
Pupil 1: collected writings by theme or by groups of just Mom?
-
Teacher: based group alone .. let's prefect duties collected writings friend - his
(Then head of the class went around collecting job writing friends)
-
Teacher: Because this is an individual task that is done in groups, the judging will be based on the contents of the paper and keragan theme and content of articles in a single group.
-
Teacher: Come when it's finished gathering task, enter all of your bags and books. Mother will hold a pop quiz.
-
Disciples 3: Huh, what else bu replay? just two days ago held replicates
-
Teacher: class president, please share this foolscap to all students.
-
Disciples 2: good bu (while walking allot foolscap. Atmosphere turned into a rowdy classroom as each student complained about the holding of this pop quiz)
-
Teacher: on repeat this time, I want you to rewrite the core of the paper on which you have created. Write outline its principal - the principal conclusions. The time given to work on this test is 20 minutes starting from now
(Then the students quiet and busy working on retrial. While mom is busy examining teacher assignment papers that had been collected. Mrs. teachers find oddities on the task of writing the students belong to one where the content is exactly the same with the papers belong to students 3. After 20 minutes passed, and then the paper replicates collected)
-
Teacher: Well please you rest. Help students 1 and 3 students stay here, I want to talk
(All students out of the classroom unless the student 1 and student 3)
-
Teacher: Mrs. honestly ask you both to my mother. Why is the content of your writing tasks exactly the same, even to the point and even coma.
-
Pupil 1: I worked on the paper itself bu
-
Disciples 3: I'm also working on my own writing
-
Teacher: So, what about the earlier replications. Why did you repeat the content of the answer is not the same as the content of your writing? can explain to the mother?
(Old pupils 1 and 3 pupils silent)
-
Teacher: Well if you do not want to admit, she did not think you guys do the work papers and did not follow replicates earlier
-
Disciples 3: sorry ma'am. If I'm honest, if I was telling the truth then the mother will forgive me?
-
Teacher: Mrs. appreciate the honesty than to see their students doing the mother dishonest.
-
Disciples 3: I get the material for the task of writing the internet bu. I directly copy and paste and I do not read anymore. That is why the replay was not the same as the content of my writings
-
Teacher: Well, the reason could be the mother received
-
Teacher: you trus pupils 1, no one can explain to the mother?
-
Pupil 1: I ask my brother was writing task bu. And it seems he was looking for the source of the internet. Sorry bu. I promise I will not repeat it
-
Teacher: Alright then. Writing tasks and repeat your mother's back. you should make paper again and collected within 3 days. After that, you should follow the repeated aftershocks that the material will still be mothers think.
-
Disciple 1 and Student 3: good bu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar