BAHASA INDONESIA ( sudah diterjemahkan )
Naskah Drama 4 Orang
Drama merupakan salah satu bagian dari
pelajaran Bahasa Indonesia. Mulai dari kelas dasar (sekitar kelas 4 SD) hingga
SLTA pasti terdapat materi drama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain untuk
melatih kecakapan siswa dalam mengekspresikan diri juga bisa menumbuhkan jiwa
seni dalam diri siswa.
Berikut ini adalah Contoh Naskah
Drama 4 Orang orang:
JUDUL: NILAI DARI SEBUAH KEJUJURAN
PEMAIN:
Guru
: SELITONGA
Murid 1
: AGUSTINUS SANTO
Murid 2, ketua kelas : FAHMI MONCOS
Murid 3
: MARTIUS ANTON
Dalam suasana belajar mengajar di dalam kelas
dan sedang dilakukan ulangan mendadak serta mengumpulkan tugas.
Guru: Anak – anak, silakan dikumpulkan tugas
karya tulis minggu kemarin.
——
Murid 1: karya tulis dikumpulkan berdasarkan
tema atau berdasarkan kelompok saja Bu?
——
Guru: berdasarkan kelompok saja..ayo ketua
kelas dikumpulkan tugas karya tulis teman – temannya
(kemudian ketua kelas berjalan keliling
mengumpulkan tugas karya tulis teman-temannya)
——
Guru: Karena ini merupakan tugas perorangan
yang dikerjakan secara berkelompok, maka penilian akan dilakukan berdasarkan
isi dari karya tulis dan keragan tema serta isi tulisan dalam satu kelompok.
——
Guru: Ayo kalau sudah selesai mengumpulkan
tugas, masukkan tas dan buku kalian semua. Ibu akan mengadakan ulangan
mendadak.
——
Murid 3: Hah, ulangan apa lagi bu? baru saja
2 hari yang lalu diadakan ulangan
——
Guru: ketua kelas, tolong dibagikan kertas
folio ini ke semua siswa.
——
Murid 2: baik bu (sambil berjalan membagikan
kertas folio. Suasana ruang kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa
mengeluh tentang diadakannya ulangan mendadak ini)
——
Guru: pada ulangan kali ini, Ibu ingin kalian
menulis ulang tentang inti dari karya tulis yang kalian buat. Tulis garis
besarnya saja beserta pokok – pokok kesimpulannya. Waktu yang diberikan untuk
mengerjakan ulangan ini adalah 20 menit yang dimulai dari sekarang
(kemudian siswa hening dan sibuk mengerjakan
ulangan. Sedangkan bu guru sibuk memeriksa tugas karya tulis yang tadi
dikumpulkan. Ibu guru menemukan keanehan pada tugas karya tulis milik murid 1
dimana isinya sama persis dengan karya tulis milik murid 3. Setelah 20 menit
berlalu, kemudian kertas ulangan dikumpulkan)
——
Guru: baiklah silakan kalian istirahat.
Tolong murid 1 dan murid 3 tetap disini, Ibu mau bicara
(semua siswa keluar ruang kelas kecuali murid
1 dan murid 3)
——
Guru: Ibu minta kalian berdua jujur kepada
Ibu. Kenapa isi tugas karya tulis kalian bisa sama persis, bahkan untuk titik
dan komanya sekalipun.
——
Murid 1: saya mengerjakan karya tulis itu
sendiri bu
——
Murid 3: saya juga mengerjakan karya tulis
saya sendiri
——
Guru: Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi.
Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis
kalian? bisa menjelaskan ke ibu?
(lama murid 1 dan murid 3 terdiam)
——
Guru: baiklah kalau kalian tidak mau mengaku,
ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti
ulangan tadi
——
Murid 3: maaf bu. Kalau saya jujur, apakah
kalau saya berkata jujur maka ibu akan memaafkan saya?
——
Guru: Ibu lebih menghargai sebuah kejujuran
daripada harus melihat anak didik ibu melakukan hal yang tidak jujur.
——
Murid 3: saya mendapatkan materi untuk tugas
karya tulis dari internet bu. Saya langsung copy paste dan tidak saya baca
lagi. Itulah mengapa ulangan tadi tidak sama dengan isi karya tulis saya
——
Guru: baiklah, alasan bisa ibu terima
——
Guru: trus kamu murid 1, ada yang bisa
dijelaskan ke ibu?
——
Murid 1: saya minta tolong adik saya
mengerjakan tugas karya tulis itu bu. Dan kelihatannya dia mencari sumber dari
internet. Maaf bu. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi
——
Guru: Baiklah kalau begitu. Tugas karya tulis
dan ulangan kalian ibu kembalikan. kalian harus membuat karya tulis lagi dan
dikumpulkan dalam 3 hari. Setelah itu, kalian harus mengikuti ulangan susulan
yang materinya masih akan ibu pikirkan.
——
Murid 1 dan Murid 3: baik bu
——
BAHASA INGGRIS
Drama Script 4 People - Drama is one part of
the Indonesian Language. Starting from a base class (about 4th grade) to high
school drama material must be contained in the Indonesian Language. In addition
to training students' skill in expressing themselves can also nurture the soul
of art in students.
Here is a Sample Script Drama 4 People:
TITLE: THE VALUE OF AN HONESTY
PLAYERS:
Teacher : SELITONGA
Pupil 1 : AGUSTINUS SANTO
Disciples 2, the head of the class : FAHMI MONCOS
Disciples 3 : MARTIUS
ANTON
In an atmosphere of learning and teaching in
the classroom and doing a pop quiz and collecting duties.
Teacher: Children - children, please duties
collected papers last week.
-
Pupil 1: collected writings by theme or by
groups of just Mom?
-
Teacher: based group alone .. let's prefect
duties collected writings friend - his
(Then head of the class went around
collecting job writing friends)
-
Teacher: Because this is an individual task
that is done in groups, the judging will be based on the contents of the paper
and keragan theme and content of articles in a single group.
-
Teacher: Come when it's finished gathering
task, enter all of your bags and books. Mother will hold a pop quiz.
-
Disciples 3: Huh, what else bu replay? just
two days ago held replicates
-
Teacher: class president, please share this
foolscap to all students.
-
Disciples 2: good bu (while walking allot
foolscap. Atmosphere turned into a rowdy classroom as each student complained
about the holding of this pop quiz)
-
Teacher: on repeat this time, I want you to
rewrite the core of the paper on which you have created. Write outline its
principal - the principal conclusions. The time given to work on this test is
20 minutes starting from now
(Then the students quiet and busy working on
retrial. While mom is busy examining teacher assignment papers that had been
collected. Mrs. teachers find oddities on the task of writing the students
belong to one where the content is exactly the same with the papers belong to
students 3. After 20 minutes passed, and then the paper replicates collected)
-
Teacher: Well please you rest. Help students
1 and 3 students stay here, I want to talk
(All students out of the classroom unless the
student 1 and student 3)
-
Teacher: Mrs. honestly ask you both to my
mother. Why is the content of your writing tasks exactly the same, even to the
point and even coma.
-
Pupil 1: I worked on the paper itself bu
-
Disciples 3: I'm also working on my own
writing
-
Teacher: So, what about the earlier replications.
Why did you repeat the content of the answer is not the same as the content of
your writing? can explain to the mother?
(Old pupils 1 and 3 pupils silent)
-
Teacher: Well if you do not want to admit,
she did not think you guys do the work papers and did not follow replicates
earlier
-
Disciples 3: sorry ma'am. If I'm honest, if I
was telling the truth then the mother will forgive me?
-
Teacher: Mrs. appreciate the honesty than to
see their students doing the mother dishonest.
-
Disciples 3: I get the material for the task
of writing the internet bu. I directly copy and paste and I do not read
anymore. That is why the replay was not the same as the content of my writings
-
Teacher: Well, the reason could be the mother
received
-
Teacher: you trus pupils 1, no one can
explain to the mother?
-
Pupil 1: I ask my brother was writing task
bu. And it seems he was looking for the source of the internet. Sorry bu. I
promise I will not repeat it
-
Teacher: Alright then. Writing tasks and
repeat your mother's back. you should make paper again and collected within 3
days. After that, you should follow the repeated aftershocks that the material
will still be mothers think.
-
Disciple 1 and Student 3: good bu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar