RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
SATUAN
ACARA TUTORIAL (SAT)
RANCANGAN
EVALUASI TUGAS TUTORIAL
PEDOMAN
PENSKORAN
MATERI DAN PEMEBELAJARAN PKN SD
Oleh
:
RINO DESANTO W.,
S.E.
POKJAR
NGAWI UPBJJ-UT SURABAYA
2010
RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah
|
:
|
Materi Dan
Pembelajaran PKN SD
|
Kode MK/SKS
|
:
|
PDGK4401/3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Deskripsi
Singkat MK
|
:
|
Mata kuliah ini
membahas paradigma baru PKn di SD, materi dan pembelajaran individu, makhluk sosial,
warga negara, sejarah perjuangan, keragaman sosial budaya, Pancasila dan UUD
1945, hak azasi manuasia, demokrasi, hukum dan komunikasi sosial budaya.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa mampu
mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar
sesuai dengan kondisi sekarang dan dinamika masa mendatang.
|
No
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Tugas Tutorial Dan Botot Nilai
|
Metode
|
Estimasi Waktu
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
1
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan paradigma baru PKn di SD
|
Paradigma Baru
PKn Di SD
|
§ Warga Negara Yang Demokratis.
§ Pembelajaran PKn Untuk Warga Negara
Demokratis.
|
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
I
|
2
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME. Makhluk
sosial dan warga negara Indonesia.
|
Materi Dan
Pembelajaran Individu Sebagai Insan Tuhan YME, Makhluk Sosial Dan Warga
Negara Indonesia
|
§ Individu Sebagai Insan Tuhan YME.
§ Individu Sebagai Makhluk Sosial.
§ Individu Sebagai Warga Negara Indonesia.
§ Pembelajaran Individu Sebagai Insan
Tuhan, Makhluk Sosial Dan Warga Negara Indonesia.
|
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
II
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat
kebangsaan.
|
Materi Dan
Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Dan Semangat Kebangsaan.
|
§ Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Dan
Semangat Kebangsaan.
§ Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa
Indonesia Dan Semangat Kebangsaan.
|
||||||
3
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan
sebagai bangsa Indonesia.
|
Materi Dan
Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Kebanggaan
Sebagai Bangsa Indonesia.
|
§ Keragaman Sosial Budaya Masyarakat
Indonesia.
§ Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia.
§ Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya
Masyarakat Indoensia Dan Kebanggan Sebagai Bangsa Indonesia
|
Tugas Tutorial
I
Bobot nilai
33.3%
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
III
|
4
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.
|
Materi Dan
Pembelajaran Pancasila Dan UUD 1945.
|
§ Hakikat Dan Fungsi Pancasila.
§ UUD 1945 Dan Perubahannya (Amandemen).
§ Pembelajaran Materi Pancasila Dan UUD
1945.
|
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
IV
|
5
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran hak azasi manusia.
|
Materi Dan
Pembelajaran Hak Azasi Manusia.
|
§ Materi Hak Azasi Manusia.
§ Pembelajaran Hak Azasi Manusia.
|
Tugas Tutorial
II
Bobot nilai
33.3%
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
V
|
6
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran demokrasi.
|
Materi Dan
Pembelajaran Demokrasi .
|
§ Hakekat Demokrasi Dan Pilar-Pilar
Demokrasi Konstitusional.
§ Pembelajaran Materi Demokrasi.
|
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
VI
|
7
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan mampu membelajarkan hukum dan penegakan hukum.
|
Memahami Materi
Dan Mampu Membelajarkan Hukum Dan Penegakaan Hukum.
|
§ Hukum Dan Penegakan Hukum.
§ Pembelajaran Materi Hukum Dan Penegakan
Hukum.
|
Tugas Tutorial III
Bobot nilai 33.3%
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
VII
|
8
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran komunikasi sosial budaya Indonesia dan
karakter WNI baru.
|
Materi Dan
Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia Dan Karakter WNI Baru.
|
§ Hakekat Komunikasi Antarsosial Budaya.
§ Karakter Warga Negara Baru Indonesia.
§ Pembelajaran Materi Komunikasi
Antarsosial Budaya.
|
|
Diskusi, Tanya Jawab
|
120 menit
|
Winataputra,
Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas
Terbuka.
|
VIII
|
Madiun, 7 Agustus 2011
Tutor
Rino Desanto W., S.E.
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
I
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan paradigma baru PKn di SD
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami kebutuhan kualitas
WNI yang demokratis.
§ Mahasiswa mampu membelajarkan PKn untuk
kewarganegaraan yang demokratis.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Paradigma Baru
PKn Di SD
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Warga Negara Yang Demokratis.
§ Pembelajaran PKn Untuk Warga Negara
Demokratis.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
§ Memberikan gambaran keseluruhan materi
pada setiap pertemuan.
§ Membangkitkan minat mahasiswa terhadap
materi yang akan dibahas.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§
Mendiskusikan
kualitas WNI yang demokratis.
§ Mensimulasikan pembelajaran PKn untuk
warga negara yan demokreatis
|
Penutup:
|
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan kualitas WNI yang
demokratis.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
II
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran individu sebagai insan Tuhan YME. Makhluk
sosial dan warga negara Indonesia.
|
|
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat
kebangsaan.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan:
§ Materi individu sebagai insan Tuhan YME.
§ Materi individu sebagai makhluk sosial.
§ Materi individu sebagai warga negara
Indonesia
|
|
|
§ Mahasiswa memahami materi sejarah
perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
§ Mahasiswa mampu membelajarkan sejarah
perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
§ Materi Dan Pembelajaran Individu Sebagai
Insan Tuhan YME, Makhluk Sosial Dan Warga Negara Indonesia
|
|
|
§ Materi Dan Pembelajaran Sejarah
Perjuangan Bangsa Indonesia Dan Semangat Kebangsaan.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Individu Sebagai Insan Tuhan YME.
§ Individu Sebagai Makhluk Sosial.
§
Individu Sebagai Warga Negara
§ Pembelajaran Individu Sebagai Insan
Tuhan, Makhluk Sosial Dan Warga Negara Indonesia.
|
|
|
§ Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Dan
Semangat Kebangsaan.
§ Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa
Indonesia Dan Semangat Kebangsaan.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan pemahaman individu baik
sebagai insan Tuhan YME, insan sosial maupun sebagai warga negara.
§ Mendiskusikan semangat kebangsaan
§ Presentasi hasil diskusi.
§ Menyelaraskan hasil diskusi dengan
pemahaman tentang insan Tuhan YME, insan sosial maupun sebagai warga negara,
dan semangat kebangsaan sebagaimana yang ada di dalam modul.
|
Penutup:
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan semangat kebangsaan.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
III
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia dan kebanggan
sebagai bangsa Indonesia.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami materi keragaman
sosial budaya masyarakat Indonesia.
§ Mahasiswa memahami materi kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia.
§ Mahasiswa mampu membelajarkan keragaman
sosial budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Materi Dan
Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Kebanggaan
Sebagai Bangsa Indonesia.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Keragaman Sosial Budaya Masyarakat
Indonesia.
§ Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia.
§ Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya
Masyarakat Indoensia Dan Kebanggan Sebagai Bangsa Indonesia
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan keragaman sosial budaya
masyarakat Indonesia.
§ Mensimulasikan pembelajaran keragaman
sosial budaya masyarakat Indonesia.
|
Penutup:
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
IV
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran Pancasila dan UUD 1945.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami hakekat dan fungsi
Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
§ Mahasiswa memahami materi UUD 1945 dan
Amandemennya.
§ Mahasiswa mampu membelajarkan Pancasila
dan UUD 1945 kepada siswa di sekolah dasar.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Materi Dan
Pembelajaran Pancasila Dan UUD 1945.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Hakikat Dan Fungsi Pancasila.
§ UUD 1945 Dan Perubahannya (Amandemen).
§ Pembelajaran Materi Pancasila Dan UUD
1945.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan hakekat Pancasila dan UUD
1945.
§ Simulasi pembelajaran materi Pancasila
dan UUD 1945.
|
Penutup:
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan hakekat dan fungsi
Pancasila.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
V
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran hak azasi manusia.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami materi dan
persoalan-persoalan HAM.
§ Mahasiswa mampu membelajarkan HAM di SD.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Materi Dan
Pembelajaran Hak Azasi Manusia.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Materi Hak Azasi Manusia.
§ Pembelajaran Hak Azasi Manusia.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan persoalan-persoalan HAM
§ Simulasi pembelajaran HAM di SD.
|
Penutup:
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan HAM.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
VI
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran demokrasi.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami hakekat demokrasi dan
pilar-pilar demokrasi konstitusional.
§ Mahasiswa mampu membelajarkan demokrasi
kepada para siswa diu sekolah dasar.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Materi Dan
Pembelajaran Demokrasi .
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Hakekat Demokrasi Dan Pilar-Pilar
Demokrasi Konstitusional.
§ Pembelajaran Materi Demokrasi.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan hakekat demokrasi.
§ Simulasi pembelajaran demokrasi di SD.
|
Penutup:
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan masalah-maslah demokrasi.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
VII
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan mampu membelajarkan hukum dan penegakan hukum.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami materi hukum dan
penegakan hukum dalam PKn.
§ Mahasiswa dapat membelajarkan materi
hukum dan penegakan hukum dalam PKn SD.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Memahami Materi
Dan Mampu Membelajarkan Hukum Dan Penegakaan Hukum.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Hukum Dan Penegakan Hukum.
§ Pembelajaran Materi Hukum Dan Penegakan
Hukum.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan materi hukum dan penegakan
hukum.
§ Simulasi pembelajaran materi hukum dalam
PKn di SD.
|
Penutup:
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan masalah penegakan hukum.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
VIII
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan materi dan pembelajaran komunikasi sosial budaya Indonesia dan
karakter WNI baru.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
§ Mahasiswa memahami hakekat dan
pentingnya komunikasi antarsosial budaya.
§ Mahasiswa mampu menjelaskan karakter
warga negara baru Indonesia yang ditandai dengan pemahaman dan menghargai
keragaman sosial budaya.
§ Mahsiswa mampu mengintegrasikan materi
komunikasi sosial budaya ke dalam proses pemebelajaran PKn SD.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Materi Dan
Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia Dan Karakter WNI Baru.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
§ Hakekat Komunikasi Antarsosial Budaya.
§ Karakter Warga Negara Baru Indonesia.
§ Pembelajaran Materi Komunikasi
Antarsosial Budaya.
|
Tahapan
Kegiatan Persiapan:
|
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
§ Mendiskusikan tentang komunikasi
antarsosial budaya dan karakter WNI baru
§ Presentasi hasil diskusi.
§ Menyelaraskan hasil diskusi dengan
pemahaman komunikasi antarsosial budaya dan karakter WNI baru sebagaimana
yang ada di dalam modul.
|
Penutup:
§
Mengidentifikasi
dan menganalisis suatu kejadian yang terkait dengan masalah komunikasi
antarsosial budaya.
§
Reviu.
|
Madiun, 7 Agustus 2011
Tutor
Rino Desanto W., S.E.
RANCANGAN EVALUASI TUGAS
TUTORIAL
|
:
|
Madiun
|
Kode/Nama Mk
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
Rancangan evaluasi ini mencakup paradigma baru PKn, individu
sebagai makhluk sosial dan warga negara, keragaman sosial budaya, hakikat dan
fungsi Pancasila, HAM, demokrasi dan penegakan hukum
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa memahami apa yang terjadi disekitarnya dan
menarwarkan jalan keluarnya sesuai dengan perannya sebagai guru PKn.
|
Tugas Tutorial Ke
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
|
Uraian/Deskripsi Tugas
|
Bobot Nilai
|
I
|
§ Mahasiswa dapat menjelaskan paradigma
baru PKn di SD.
§ Mahasiswa memahami perannya sebagai
makhluk sosial dan warga negara.
§
Mahasiswa memahami keragaman sosial budaya
masyarakat
|
§ Paradigma baru PKn di SD.
§ Individu sebagai makhluk sosial dan sebagai
warga negara Indonesia.
§ Keragaman sosial budaya masyarakat
Indonesia.
|
§
Makna
paradigama baru PKn di SD.
§
Peran
mahasiswa sebagai makhluk sosial dan sebagai warga negara.
§
Makna
keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
|
33.3%
|
II
|
§
Mahasiswa
memahami hakikat dan fungsi Pancasila.
§
Mahsiswa
memahami persoalan hak azasi manusia
|
§ Hakikat dan fungsi Pancasila.
§ Materi hak azasi manusia
|
§ Makna hakikat dan fungsi Pancasila.
§ Contoh masalah HAM dan jalan keluarnya.
|
33.3%
|
III
|
§
Mahasiswa
memahami demokrasi yang ada di Indonesia.
§
Mahasiswa
memahami penegakan hukum di Indonesia.
|
§
Materi
dan pembelajaran demokrasi.
§ Hukum dan penegakan hukum.
|
§
Makna
demokrasi di Indonesia.
§
Contoh
masalah penegakan hukum di Indonesia dan jalan keluarnya.
|
33.3%
|
Madiun, 7 Agustus 2011
Tutor
Rino Desanto W., S.E.
PEDOMAN PENSKORAN
TUGAS TUTORIAL
|
:
|
Madiun
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4401/Materi
Dan Pembelajaran PKn SD
|
SKS
|
:
|
3
|
Nama Tutor
|
:
|
Rino Desanto W., S.E.
|
Tugas Ke
|
Uraian/Deskripsi Tugas
|
Aspek/Konsep Yang Dinilai
|
Skor Per Aspek/ Konsep
|
Bobot Nilai Per Soal
|
Skor Maks
|
I
|
§ Mahasiswa dapat menjelaskan paradigma
baru PKn di SD.
§ Mahasiswa memahami perannya sebagai
makhluk sosial dan warga negara.
§
Mahasiswa memahami keragaman sosial budaya
masyarakat
|
§ Warga Negara Yang Demokratis.
§ Pembelajaran PKn Untuk Warga Negara
Demokratis.
§ Individu Sebagai Insan Tuhan YME.
§ Individu Sebagai Makhluk Sosial.
§ Individu Sebagai Warga Negara Indonesia.
§ Pembelajaran Individu Sebagai Insan
Tuhan, Makhluk Sosial
§ Keragaman Sosial Budaya Masyarakat
Indonesia.
§ Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia.
§ Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya
Masyarakat Indoensia Dan Kebanggan Sebagai Bangsa Indonesia
|
15
15
10
10
10
10
10
10
10
|
30
40
30
|
100
|
II
|
§
Mahasiswa
memahami hakikat dan fungsi Pancasila.
§
Mahsiswa
memahami persoalan hak azasi manusia
|
§ Hakikat Dan Fungsi Pancasila.
§ UUD 1945 Dan Perubahannya (Amandemen).
§ Pembelajaran Materi Pancasila Dan UUD
1945.
§ Materi Hak Azasi Manusia.
§ Pembelajaran Hak Azasi Manusia.
|
20
20
20
20
20
|
60
40
|
100
|
III
|
§
Mahasiswa
memahami demokrasi yang ada di Indonesia.
|
§ Hakekat Demokrasi Dan Pilar-Pilar
Demokrasi Konstitusional.
|
25
|
50
|
100
|
III
|
§ Mahasiswa memahami penegakan hukum di
Indonesia.
|
§ Pembelajaran Materi Demokrasi
§ Hukum Dan Penegakan Hukum.
§ Pembelajaran Materi Hukum Dan Penegakan
Hukum.
|
25
25
25
|
50
|
|
Madiun, 7 Agustus 2011
Tutor
Rino Desanto W., S.E.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar